Jenis Kain

1. Katun ( Cotton ) adalah kain berbahan dasar serat kapas. Karakteristik kain katun diantaranya : Nyaman dan mudah menyerap keringat saat digunakan, Tidak mudah kusut saat dicuci, Tidak luntur untuk bahan berwarna, Bahan terasa dingin dan sedikit kaku, Rentan terhadap jamur, Apabila dibakar baunya seperti kertas terbakar, hasil pembakarannya akan menjadi abu dan jalannya api lambat.

2. Rayon atau biasa disebut rayon viscose terbuat dari serat semi sintetik berbahan baku terbuat dari alam yaitu kayu yang memiliki kadar selulosa tinggi. Pakaian dengan bahan Kain rayon digunakan sangat nyaman dan adem dalam berbagai kondisi. Kain rayon ini sendiri masih banyak jenisnya dari kain rayon yang bertekstur kasar hingga halus dan lembut.

3. Spandex dikenal juga dengan istilah lycra. Sifatnya elastis, kuat dan memiliki ketahanan gosokan yang tinggi, tingkat elastisitas spandex bisa sampai 500%. Spandex juga mampu menyerap keringat dengan baik, sehingga banyak digunakan dalam pembuatan baju olahraga.

4. Ciffon terbuat dari sutra katun rayon atau serat sintetis. Proses pembuatannya membutuhkan cara menenun secara khusus. Bahan ini terkadang agak panas saat digunakan, Meskipun demikian, bahan ciffon memberikan kesan istimewa dan tampak elegan bagi si pemakai.

5.  Santung  memiliki tekstur kain yang halus, lembut dan dingin. Kain ini juga terbagi dalam beberapa tingkatan, dari yang tipis hingga tebal. Kain shantung terbuat terbuat dari serat katun, dan terkadang dicampur dengan serat sintetis. Namun kain shantung tidak sekuat kain full serat katun. Bahan kain ini biasanya banyak digunakan untuk bahan kain batik printing.